Programming: C ANSI / ANSI-C (Contoh Source Code), apa bedanya bahasa C dan C++ ? ~ Roisa

Programming: C ANSI / ANSI-C (Contoh Source Code), apa bedanya bahasa C dan C++ ?



Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer yang juga dijadikan dasar pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories.

Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering digunakan dalam mengembangkan software aplikasi. C juga banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia. C secara luar biasa mempengaruhi bahasa populer lainnya, terutama C++ yang merupakan extensi dari C.

Pada perkembangannya, muncul versi-versi C lain yang pada akhirnya membuat kebingungan di kalangan pemrogram. Karena itu, pada tahun 1983, American National Standards Institute (ANSI) membuat sebuah komite untuk membuat sebuah versi standar dari bahasa C. Setelah melalui proses yang panjang dan sengit, pada tahun 1989, telah berhasil disahkan standar yang dinamakan ANSI X3.159-1989, versi ini seringkali dinamakan ANSI C (dalam basaha Indonesia dibalik menjadi, C ANSI, sama saja), atau kadang-kadang C89.


Sebernarnya, Apa perbedaan C dan C++??




Sudah terlihat beda ya, bahasa C tanpa ada plus plus nya kalau bahasa C++ dengan embel-embel plus plus, pastinya terdapat feature plus plus..hehe

Ehm, pertama secara sytax, semua sytax di C tetap disupport di C++. Perbedaannya di C++ terdapat banyak sekali penambahan feature baru dalam bahasa pemrogramannya (ya ini yang mendasari perbedaan C dan C++).

Singkat ya, Sejarah C++

Bahasa pemrograman C++ diciptakan oleh Bjame Siroustrup sekitar tahun 1986 (tentunya dengan ridho Allah SWT, hmm..) dari AT&T Bell Laboratories di USA, C++ merupakan perluasan C, terdapat beberapa penambahan feature yang membuat programmer dapat membuat definisi sendiri sebuah class dan berbagai tipe, yang selain mewakili data, juga mewakili operasi-operasi yang dapat dikenakan pada data tersebut. Variable yang diciptakan lewat class dikenal sebagai objek dan pemrograman objek biasanya di kenal sebagai pemrograman berorientasi objek - OOP (semester 2 ne, di bahasa pemrograman java akan lebih membuat paham).

Nah, langsung saja untuk mendapatkan contoh source code ANSI C, silahkan di dowload, filenya dalam bentuk .rar terkadang dideteksi sebagai virus oleh beberapa antivirus. hehe hati-hati..


Download C ANSI untuk belajar : C_ANSI.rar



Terima kasih, Semoga bermanfaat..


ttd

Roisatul Azizah


sumber belajar:

http://www.mail-archive.com/linux-programming@linux.or.id/

http://id.wikipedia.org/wiki/C_(bahasa_pemrograman)

http://globalwebroom.com/

Artikel Lainnya

1 comment:

Unknown mengatakan...

hehe.. sudah lama ingin nge post c ansi,.. Alhamdulillah.. sip2..

Posting Komentar

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Account special blogger
Another : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan). salam hangat, Roisa :)

 
Wedoo Indonesia