Daftar dan Timeline Lomba di Lingkungan Kemdikbud ~ Roisa

Daftar dan Timeline Lomba di Lingkungan Kemdikbud


Berikut adalah daftar dan timeline beberapa lomba di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Lets see:

Sayembara Penulisan Naskah Buku Pengayaan (Juni-September)

Dalam rangka mendapatkan naskah buku yang bermutu dan menggali potensi menulis di kalangan siswa, mahasiswa, pendidik, tenaga kependidikan, dan masyarakat umum, Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kemdikbud menyelnggarakan Sayembara Penulisan Naskah Buku pengayaan.
Lomba ini diselenggarakan setiap tahun, insyaAllah tahun depan ada lagi. Sebagai informasi singkat, naskah buku yang ditulis berdasarkan persyaratan tahun 2013, minum 75 halaman dan spasi 1,5. Informasi lebih lanjut tentang persyaratan tahun 2013 dapat dilihat pada poster pada link berikut, insyaAllah setiap tahun hampir sama: http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/sites/default/files/Poster-Sayembara-Penulisan-Buku-Pengayaan-2013.jpg. Semangat, Lets try to write.

Festival Video Edukasi, Jangan Sampe Ketinggalan (Juni-September)

Jejak Festival Video Edukasi (FVE) Festival Video Edukasi adalah sebuah festival video yang berkonsentrasi pada tema-tema pendidikan. Festival ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Media Televisi Pendidikan (BPMTP), salah satu unit pelaksana teknis di lingkungan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan Nasional dan Kebudayaan.

Lomba Video Kreatif Rakyat (Agustus-Oktober)

Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 68, Istana Untuk Rakyat menyelenggarakan lomba video kreatif rakyat dengan tema “ Semangat 17/8 Untuk Merah Putih: Harmoni Dalam Kemajemukan Dalam Rangka Memperingati Hut ke-68 RI”.
Lomba ini dibagi menjadi 2 kategori : Amatir dan profesional. Kegiatan ini bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia.
Semoga tahun depan lomba video kreatif rakyat ini diselenggarakan kembali. Finalis tahun 2013 dapat dilihat di http://www.videokreatifrakyat.com/videokirim.html


Lomba Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) PAUD Tingkat Nasional (Juli-September)

Direktorat Pembinaan PAUD, Ditjen PAUDNI melenyenggarakan Lomba Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) PAUD Tingkat Nasional 2013. Lomba ini terbuka untuk masyarakat umum.
Tujuan lomba:
1.Mengembangkan alat permainan edukatif yang aman, sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak;
2.Memberikan apresiasi dan motivasi kepada masyarakat dalam mengembangkan Alat Permainan Edukatif anak usia dini.

Berikut adalah salah pemenang lomba Pengembangan alat permainan edukatif tahun 2013: Loker Divergen, Kotak Penyimpanan Karya Guru PAUD Kota Pekalongan, info lebih lanjut: http://kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1809

Lomba Mobile Edukasi (Juli-September)

Program mobile edukasi merupakan salah satu model pembelajaran multimedia yang dikembangkan oleh BPMP. Keunikan dari model ini adalah menggunakan alat (device) handphone, dimana sudah cukup banyak masyarakat menggunakan atau memanfaatkannya sebagai alat komunikasi. Namun Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan (BPMP) mencoba untuk memanfaatkan handphone sebagai alat untuk belajar bagi siswa, guru maupun masyarakat secara umum.
Untuk mempopulerkan program mobile edukasi yang dikembangkan oleh BPMP, maka BPMP mengajak masyarakat khususnya siswa dan guru untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia dalam bentuk kegiatan lomba pembuatan mobile edukasi dengan nama Lomba Mobile Edukasi 2013. Lomba ini terbagi menjadi dua kategori, yakni kategori umum dan pelajar.


Berdasarkan info pada acara final lomba mobile edukasi 2013, kategori lomba akan ditambah sehingga menjadi 3 kategori yaitu: pelajar, guru dan umum. Panitia juga menyatakan bahwa lomba ini, insyaAllah akan diadakan lagi tiap tahunnya. Semangat berkarya dan terus berkarya, Indonesia Bisa.
Info nominasi pemenang tahun 2013 dapat dilihat pada laman berikut: http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba/web-nominasi-lomba2013.php

Yaps, berdasarkan informasi yang terkumpul, hampir seluruh lomba yang diselenggarakan dibawah naungan Kemdikbud berada pada timeline akhir tahun atau Juni-Oktober. Semangat.
Oh ya, mungkin ada yang ingin bertanya kenapa info lomba yang saya sajikan diblog ini adalah lomba dibawah naungan kemdikbud. Jawabannya singkat, bagi seorang mahasiswa seperti saya biasanya kesulitan jika saat final harus Pulang-Pergi dengan modal sendiri. Maybe, you know what I mind.

Sebenarnya masih banyak lagi lomba yang diselenggarakan dibawah naungan kemdikbud, namun tidak semua lomba dapat diikuti oleh masyarakat umum atau mahasiswa dan belum tau juga apakah tiap tahunnya diselenggarakan. Berikut lomba yang saya maksud: Lomba Menulis Esai Sosial Budaya dan Lomba Menulis Surat Remaja Nasional Kemkominfo.

Dari beberapa list lomba diatas, ada lomba yang pernah saya ikuti dan Alhamdulillah.. lolos final. That was nice experience, maybe I'll share that moment, soon. Oke, semangat, semoga dapat terinspirasi dan termotivasi. For Problem become Idea, Idea become Solution, Thats it.

Sumber informasi dari website resmi Kemdibud, ada baiknya sering membuka dan membaca informasi pada web berikut, insyaAllah bermanfaat:
http://setjen.kemdikbud.go.id/pustekkom/
http://kemdikbud.go.id/

Artikel Lainnya

2 comment:

Unknown mengatakan...

momen M-Edu masih kadang terbersit indahnya di kepalaku

Unknown mengatakan...

Dulu, namanya Pusbuk, sekarang Puskurbuk, sempat ikutan sayembara, tp ngga menang 2008, sekarang mo ikutan lagi, masih boleh ngga....

Posting Komentar

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Account special blogger
Another : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan). salam hangat, Roisa :)

 
Wedoo Indonesia