Profile Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (FT UM) ~ Roisa

Profile Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (FT UM)

Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (FT UM), yap. salah satu fakultas unggul di Universitas Negeri Malang.. Bagaimana tidak, seperti dalam PIMNAS tahun kemarin (2011) dari 9 tim (klo ndak salah, agak lupa) --tim nya mas wahyu, mas johan, mas ilyas, sama mas sonny-- 4 tim dari Fakultas Teknik UM khususnya jurusan Teknik Elektro.. hehe.. ini ada profil HMJ Teknik Elektro. Dan tahun ini, sepertinya Fakultas Teknik Unggul lagi, wkwk.. kembali di PIMNAS nya, dari 3 tim (tim nya mas judaz dan mas syafi'i) dan lagi-lagi dari jurusan Teknik Elektro FT UM, ini ada web jurusan gue (Teknik Elektro FT UM). Oke.. itu sedikit catatan kuliah di Fakultas Teknik UM. Oh ya, ada lagi.. tahun kemarin juga ada yang lolos final Gemastik 4 - Programming Challange dan ITB Programming Contest 2.. dan lagi-lagi dari Jurusan Teknik Elektro yaitu dari Prodi S1 Pendidikan Teknik Informatika yang bekerjasama dengan mahasiswa dari Jurusan Matematika FMIPA UM. hehe..

Secuil Foto Lomba Web - Diesnatalis 46th FT UM  

Singkat Cerita Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang
Flashback.. tahun kemarin (2011) Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro (HME FT UM) ngadain lomba web atau Web Design Competition yang merupakan serangkaian lomba yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro bersama tim dosen dalam rangka Diesnatalis 46thFakultas Teknik, Universitas Negeri Malang (http://um.ac.id). Lomba cipta web ini diharapkan dapat menjadi salah satu motivasi untuk terus berkarya, berinovasi dan berkreasi. Dan tahun ini juga ngadain cek info lomba web di situs HME


Nah, untuk sejarah FT sendiri bagaimana? wkwk.. yah gitu deh..
Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang ato disingkat FT UM, tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Malang rnenjadi Universitas Negeri Malang (UM). Sejarah singkat perkembangan FT UM.. hehe..


Di Depan Tulisan Fakultas Teknik UM
Tanggal 18 Oktober 1954 berdiri Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Malang sebagai embrio dari Universitas Negeri Malang. Dengan berdirinya Universitas Airlangga (UNAIR) di Surabaya pada tahun 1954, maka PTPG Malang digabungkan dengan UNAIR Surabaya menjadi Fakultas Keguruan dan limu Pendidikan (FKIP) UNAIR yang berkedudukan di Malang.



Pada tahun 1963 FKIP UNAIR diubah statusnya menjadi Institut Keguruan dan llmu Pendidikan (IKIP) MALANG, dan tidak lagi berada di bawah naungan UNAIR. 


Pada tanggal 1 Maret 1965 di FKIE IKIP MALANG dibuka Jurusan llmu Teknik. Jurusan inilah yang menjadi cikal-bakal berdirinya FT UM sekarang ini. Dalam perkembangan selanjutnya, berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 137 Tahun 1965, ditetetapkan berdirinya Fakul­tas Keguruan Teknik (FKT) di lingkungan IKIP MALANG mulai tanggal 1 September 1965 yang memiliki dua jurusan, yaitu Jurusan Mesin dan Jurusan Sipil dengan sistem penjenjangan program pendidikan yang berlaku adalah Jenjang Sarjana Muda dengan gelar Bachelor of Arts (BA) saja. Di samping itu, SK Menteri PTIP tersebut juga menegaskan tentang pemisahan Jurusan Mesin
dan Jurusan Sipil dari FKIE IKIP MALANG.


Pada tahun 1975, istilah jurusan di IKIP MALANG diganti dengan departemen maka FKT IKIP MALANG mengelola dua departemen, yaitu Departemen Mesin dan Departemen Sipil.


Pada tahun 1979 sistem penjenjangan Sarjana Muda dan Sarjana dihapus, diganti dengan Strata-0 (S0) dan Strata-1 (S1). Di samping itu istilah departemen diganti lagi menjadi jurusan, sehingga di FKT IKIP MALANG terdapat Jurusan Mesin dan Jurusan Sipil. Berdasarkan kebijakan pemerintah dalam pengadaan guru SLIP dan SLTA, maka FKT IKIP MALANG di samping mencetak Sarjana (S1) juga mendapatkan tugas untuk mencetak guru keterampilan teknik pada SLTP dan SLTA melalui Program SO-1, SO-2 (untuk SLTP), dan SO-3 (untuk SLTA).
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1981, yang pada dasarnya merupakan penataan kembali Fakultas di lingkungan Universitas dan Institut, maka nama Fakultas Keguruan Teknik (FKT) diganti menjadi Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK). Jurusan yang ada adalah Jurusan Pendidikan Teknik Mesin dan Jurusan Pendidikan Teknik Bangunan.


Berdasarkan Keputusan Dirjen Dikti Nomor 241/DIKTI/Kep/1997 tanggal 15 Agustus 1997 FPTK IKIP MALANG mendapat perluasan mandat untuk menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan iulusan Non-Kependidikan Jenjang Diploma III (D3) untuk Program Studi Teknik Mesin, Teknik Sipil dar Bangunan, Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Tata Boga, dan Tata Busana. Dengan demikian maka sejak 1997 FPTK memiliki tambahan dua jurusan dan enam program studi. Keenam program studi tersebut semua program nonkependidikan pada jenjang D3 sebagaimana telah disebutkan sebelumnya. Sedangkan kedua jurusan yang baru adalah Jurusan Teknik Elektro dan Jurusan Teknologi Industri.


Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999, IKIP MALANG berganti nama menjadi Universitas Negeri Malang (UM). FPTK diganti nama menjadi Fakultas Teknik (FT) dengan jurusan Teknik Mesin (TM), Teknik Sipil (TS), Teknik Elektro (TE), dan Teknologi Industri (Tl).

Bagaimana dengan struktur kepengurusan ato struktur organisasi Fakultas Teknik UM? wkwk.. yang jelas ada Dekan, Pembantu Dekan, dan Kepala Bagian-bagian masing-masing. more.. check this out..



Referensi: FT UM, Katalog Prodi PTI TE FT UM




Semoga bermanfaat..
Keep going,


Roisa Mscdr

Artikel Lainnya

0 comment:

Posting Komentar

Informasi Pilihan Identitas:
Google/Blogger : Account special blogger
Another : Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonim : Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda (tidak disarankan). salam hangat, Roisa :)

 
Wedoo Indonesia